Selamat Datang di Situs Resmi SDN Gondang 1, Alamat: Jl. Raharjo No. 02, Gondang, Sragen 57254 Telp. (0271) 887195 Website: www.sdngondang1.blogspot.com E-mail: sdngondang1@yahoo.com

Laman

Senin, 23 Agustus 2010

Perencanaan Pembelajaran


Perencanaan pembelajaran adalah suatu proses pembuatan rencana, model, pola, bentuk, kunstruksi yang melibatkan, guru, peserta didik, serta fasilitas lain yang dibutuhkan, yang tersusun secara sitematis agar terjadi proses pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

A

Fungsi perencanaan pembelajaran adalah sebagai alat untuk membentuk, mempola, membuat model, dan mengkonstruksi proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Sasaran akhir perencanaan pembelajaran adalah memudahkan belajar siswa. Bukan untuk mempersulit belajar siswa. Untuk mendapatkan fungsi di atas, perencanaan pembelajaran harus mencakup semua variabel yang mempengaruhi belajar, walaupum inti perencanaan pembelajaran adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal bagi pencapaian tujuan.

Langkah-langkah perencanaan pembelajaran, yaitu:

1. menganalisis tujuan dan karakter mata pelajaran,

2. menganalisis sumber belajar dan kendala-kendalanya,

3. menganalisis karakter siswa,

4. menetapkan tujuan dan isi pembelajaran,

5. menetapkan strategi pengorganisasian isi pembelajaran,

6. menetapkan strategi penyampaian pembelajaran,

7. menetapkan strategi pengolahan pembelajaran, dan

8. mengembangkan prosedur pengukuran hasil belajar.

Dari uraian di atas, mudah-mudahan kita dapat mengambil segi positifnya sehingga dapat meningkatkan profesionalime kita sebagai seorang pendidik. Jadi kita mengajar di kelas tidak hanya membawa buku paket saja namun dilengkapi perencanaan pembelajaran yang terprogram.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENENTUKAN BILANGAN PRIMA