Paket 1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan lengkap !
- Sebutkan 5 landasan dikembangkannya Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan !
- Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 18 tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan, portofolio terdiri dari 10 komponen. Sebutkan 5 komponen portofolio yang saudara ingat !
- Guru yang inovatif diharapkan mampu mengadakan penelitian tindakan kelas (PTK).
a. Apa pengertian dari PTK ?
b. Sebutkan 5 karakteristik PTK ! - Untuk menjamin mutu pendidikan nasional, ditetapkan standar nasional pendidikan. Sebutkan lingkup standar nasional pendidikan !
- Pembaharuan system pendidikan nasional dilakukan untuk memperbaharui visi, misi dan strategi pem pendidikan nasional. Jelaskan visi pendidikan nasional menurut UU nomor 20 tahun 2003 !
- Salah satu strategi pendidikan nasional adalah peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga ke pendidikan. Sebutkan dan jelaskan kompetensi yang harus dimiliki seorang guru dalam rangka me ningkatkan profesionalisme guru !
- Menurut Ausubel, ada 4 strategi agar belajar menjadi bermakna, yaitu advance organizer, progressive differentiation, integrative reconciliation and consolidation. Jelaskan pengertian tersebut !
- Kode etik guru merupakan pegangan professional para guru. Sebutkan 3 butir kode etik guru yang kamu ingat !
- Profesionalisme merupakan sikap mental yang senantiasa mendorong dirinya untuk mewujudkan diri sebagai guru professional. Sebutkan 5 prinsip professional menurut UU nomor 14 tahun 2005 yang saudara ingat !
- Pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di kelas 1,2 dan 3 menerapkan pembelajaran tematik. Sebutkan 5 ciri pembelajaran tematik !
Kunci Jawaban :
No
|
Jawaban
|
1.
|
Landasan dalam pengembangan
KTSP :
a. Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas
b. PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
c. Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
d. Permendiknas nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi
Kelulusan
e. Permendiknas nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan Permen
23 tahun 2006
|
2.
|
Komponen portofolio sertifikasi guru dalam jabatan
a. Kualifikasi akademik
b. Pendidikan dan pelatihan
c. Pengalaman mengajar
d. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
e. Penilaian dari atasan dan pengawas
f. Prestasi akademik
g. Karya pengembangan profesi
h. Keikutsertaan dalam forum ilmiah
i. Pengalaman organisasi
j. Penghargaan yang relevan
|
3.
|
a. PTK adalah penelitian oleh guru untuk memecahkan masalah
yang dihadapi dalam
melaksanakan tugas
pokoknya yaitu melaksanakan KBM
b.Karakteristik PTK :
1). obyek penelitian
dari dunia peneliti sendiri
2). memecahkan
masalah guna meningkatkan kualitas
3). menggunakan data
yang beragam
4).
langkah-langkahnya merupakan siklus
5). mengutamakan
kerja kelompok
|
4.
|
Lingkup Standar Nasional Pendidikan
a. Standar Isi
b. Standar Proses
c. Standar Kompetensi Kelulusan
d. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
e. Standar Sarana dan Prasarana
f. Standar Pengelolaan
g. Standar Pembiayaan
h. Standar Penilaian Pendidikan
|
5.
|
Visi pendidikan nasional adalah terwujudnya system pendidikan
sebagai pranata sosi al yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua
warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga
mampu dan proaktif menja wab tantangan jaman yang selalu berubah
|
6.
|
a.Kompetensi Pedagogik
Kemampuan mengelola
pembelajaran peserta didik
b.Kompetensi Kepribadian
Berkepribadian
mantap, stabil, dewasa, arif, wibawa, akhlak mulia, teladan
c.Kompetensi Profesional
Menguasai materi secara
luas dan mendalam
d.Kompetensi Sosial
Berkomunikasi secara
efektif dengan peserta didik, pendidik, orang tua, masyarakat
|
7.
|
Belajar bermakna dari Ausubel
a. Konsep/ide diberikan kepada siswa jauh sebelum materi
sesungguhnya diberikan
b. Pengembangan konsep dimulai dari yang umum sampai ke yang
khusus
c. Memajukan persamaan dan perbedaan antara materi baru dengan
materi yang telah
diajarkan sebelumnya
d. Memberikan pemantapan atas materi pelajaran yang telah
diberikan untuk memu
dahkan siswa memahami
materi berikutnya
|
8.
|
Kode Etik Guru : (3 jawaban)
a. Guru berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk
manusia Indonesia seu-
tuhnya yang berjiwa
Pancasila
b. Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran professional
c. Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik
sebagai bahan melakukan
bimbingan dan pembinaan
d. Guru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya menunjang
berhasilnya PBM
e. Guru memelihara hubungan baik dengan orang tua dan
masyarakat
f. Guru secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan dan
meningkatkan mutu
dan martabat
g. Guru memelihara hubungan profesi , semangat kekeluargaan dan
kesetiakawanan
sosial
h. Guru meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana
perjuangan dan pengabdian
i. Guru melaksanakan segala kebijaksanaan pemerintah dalam
bidang pendidikan
|
9.
|
Prinsip Profesional (5 jawaban)
a. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, idealism
b. Komitmen meningkatkan mutu
c. Kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan yang
sesuai
d. Kompetensi yang diperlukan
e. Tanggungjawab dalam melaksanakan tugas
f. Penghasilan yang sesuai
g. Kesempatan mengembangkan profesi
h. Jaminana perlindungan hokum
i. Memiliki organisasi profesi
|
10.
|
Ciri pembelajaran tematik (5 jawaban)
a. Berpusat pada siswa
b. Memberikan pengalaman langsung pada siswa
c. Pemisahan antara mata pelajaran tidak begitu jelas
d. Menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran dalam PBM
e. Bersifat fleksibel
f. Hasil pembelajaran berkembang sesuai minat dan kebutuhan
siswa
|
Paket 2
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan lengkap !
1. a. Jelaskan pengertian kurikulum menurut UU
nomor 20 tahun 2003 !
b. Jelaskan pengertian KBK !
2. a. Jelaskan perbedaan antara Visi, Misi dan
Tujuan sekolah !
b. Jelaskan cara-cara merumuskan visi
sekolah !
3.
a. Jelaskan yang dimaksud dengan MBE !
b. Sebutkan 3 cakupan MBE !
4. Salah
satu upaya pemerintah dalam mmeningkatkan mutu pendidikan adalah melalui MBS.
Sebutkan
prinsip-prinsip pelaksanaan MBS !
5.
a. Apakah kompetensi itu ?
b. Sebutkan 4 kompetensi guru sebagai agen
pembelajaran menurut PP nomor 19 tahun 2005 !
6. a. Jelaskan yang dimaksud dengan kecakapan hidup (life skill) !
b. Sebutkan jenis-jenis kecakapan hidup !
7. Dengan
memasuki abad ke-21 pendidikan harus mampu mengarahkan siswa agar dapat hidup
dalam
situasi yang baru yang muncul dalam diri dan
lingkungannya. Kemampuan tersebut dilakukan sebagai pilar
pendidikan. Sebutkan 4 pilar pendidikan menurut
UNESCO !
8.
a. Jelaskan yang dimaksud dengan CTL !
b. Sebutkan strategi pembelajaran yang
menggunakan pendekatan CTL !
9. Sebutkan kompetensi lulusan sekolah dasar !
10. Sebutkan prinsip-prinsip profesionalitas guru menurut UU nomor 14 tahun 2005 !
Kunci Jawaban :
1. a. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta
cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk men capai
tujuan pendidikan tertentu (pasal 1 UU nomor 20 tahun 2003)
b. Kurikulum Berbasis Kompetensi
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai
siswa, KBM, penilaian dan pemberdayaan sumber daya pendidik dalam pengembangan kurikulum
sekolah
2. a. Visi adalah pandangan jauh ke depan/ gambaran masa depan sekolah/ wawasan yang menjadi sumber
arahan bagi sekolah. Misi adalah tindakan untuk merealisasikan visi tersebut
Tujuan sekolah adalah penjabaran misi, sesuatu yang akan dicapai dan kapan akan dicapai/ penjabaran
operasional jangka pendek
b. Cara merumuskan visi sekolah
1). Pelajari visi pendidikan nasional, dinas pendidikan propinsi, dinas pendidikan kabupaten
2). Berdasarkan visi tersebut dirumuskan visi sekolah
3. a. MBE (Managing Basic Education) merupakan program kerjasama pemerintah dengan berbagai pihak
(Unesco, Unicef, IAP, AusAID, USAID, dll yang bertujuan memberdayakan pemerintah daerah agar
lebih peduli dengan pendidikan
b. Cakupan program MBE adalah : 1. MBS, 2. PAKEM, 3. PSM
4. Prinsip-prinsip pelaksanaan MBS
a. Fokus pada mutu
b. Perencanaan dari bawah dalam pengambilan keputusan
c. Manajemen transparansi
d. Pemberdayaan masyarakat
e. Peningkatan mutu yang berkelanjutan
ATAU
a. keterbukaan f. demokratis
b. kebersamaan g. kemandirian sekolah
c. keberlanjutan h. orientasi pada mutu
d. menyeluruh i. peran serta masyarakat
e. akuntabilitas j. pendidikan untuk semua
5.a. Kompetensi adalah pengetahuan, ketrampilan, sikap/nilai-nilai dasar yang direfleksikan/ diwujudkan
dalam kebiasaan berfikir dan bertindak
b. Kompetensi guru sebagai agen pembelajaran
Kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan kompetensi sosial
6.a. Life skill adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan
kehidupan dengan wajar tanpa tertekan, proaktif dan kreatif menemukan solusi sehingga mampu
mengatasinya
b. Kecakapan hidup meliputi kecakapan hidup generic dan spesifik
1). Kecakapan hidup generic meliputi kecakapan personal dan sosial
2). Kecakapan hidup spesifik meliputi kecakapan akademik dan vokasional
7. Empat pilar pendidikan (Unesco)
a. Learning to know (belajar untuk mengetahui, memahami)
Belajar, bagaimana cara belajar sehingga dapat memberkali ilmu pengetahuan kepada siswa sebanyak-
banyaknya
b. Learning to do (belajar melakukan)
Belajar melalui kegiatan tangan, berkomunikasi8, merumuskan, menganalisis, memecahkan masalah dan
lain-lain
c. Learning to life together (belajar hidup dalam kebersamaan)
Belajar untuk menyadari bahwa hidup perlu bekerjasama saling menghargai, menerima perbedaan saling
pengertian dll
d. Learning to be (belajar menjadi)
Pendidikan harus mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan diri seutuhnya pada setiap jiwa
raga, kecerdasan, sensitivitas, apresiasi estetis dan spiritualitas
8. a. CTL (Contekstual Teaching an Learning)
Konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi
dunia nyata siswa dan mendorong membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan
penerapan dalam kehidupan sehari-hari
b. Strategi CTL
1). Pembelajaran otentik
2). Pembelajaran inkuiri
3). Berbasis masalah (problem solving)
4). pembelajaran layanan
5) berbasis kerja
9. Kompetensi lulusan SD
a. Mengenali dan berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang diyakini
b. Mengenali dan menjalankan hak dan kewajiban diri, beretos kerja dan peduli terhadap lingkungan
c. Berpikir logis, kritis dan kreatif serta berkomunikasi melalui berbagai media
d. Menyenangi keindahan
e. Membiasakan diri hidup bersih, bugar dan sehat
f. Memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan tanah air
10. Prinsip-prinsip profesionalitas guru menurut UU nomor 14 tahun 2005
a. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealism
b. Memiliki komitmen meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia
c. Memiliki kualitas akademik dan latar belakang pendidikan sesuai bidang tugasnya
d. Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya
e. Memiliki tanggungjawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan
f. Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja
g. Memiliki kesempatan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar
sepanjang hayat
h. Memiliki jaminan perlindungan hukum dalam pelaksanaan tugas profesionalan
i. Memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan
tugas professional guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar